PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRIMAKHLUK HIDUP

Main Author: Yahya, Yahya
Other Authors: FKIP Serambi Mekkah University
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH , 2018
Online Access: http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/477
http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/477/436
Daftar Isi:
  • Abtraks: Penelitian tentang penerapan model pembelajaran Tipe Think Pair and Chare (TPS) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Sakti Kabupaten Pidie telah dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus sampai dengan 10 September 2012. Permasalah yang dikaji dalam penelitian adalah: Apakah Penerapan Pembelajaran koopratif tipe think pair and chare mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Sakti Kabupaten Pidie. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara terperinci ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidupmelalui penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe think pair and chare di SMP Negeri 2 Sakti Kabupaten Pidie. Sampel penelitian siswa kelas VII A sebanyak 23 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas VII B sebanyak 22 orang sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan memberi tes, yaitu pretes dan postes. Teknik pengolahan data dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data diperoleh t hitung ≥ t tabel yaitu 2,01 ≥ 1,68 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan data tersebut, maka Ha dapat diterima dan menolak Ho. Maka dapat disimpulkan: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Chare dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi cari-ciri makhluk hidup di SMP Negeri 2 Sakti Kabupaten Pidie. Kata Kunci : Pembelajaran, think pair and chare, ciri-ciri makhluk hidup