Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA
Main Author: | Sari, Suci Mahya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/2235 http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/2235/1840 |
Daftar Isi:
- Abstrak. Pembelajaran yang menerapkan konsep dalam kehidupan nyata dan mengajukan masalah nyata di awal pembelajaran salah satunya adalah Problem Based Learning (PBL). Dalam buku teks selama ini, topik yang diajarkan jauh dari kehidupan sehari-hari siswa, bahkan guru sendiri kadang-kadang tidak tahu kegunaan dari topik yang telah mereka ajarkan. Dampak dari situasi yang ini adalah sebagian besar siswa tidak suka belajar matematika karena mereka tidak belajar matematika yang mereka butuhkan, maka dilakukan pengembangan buku siswa, buku guru, dan LKS yang menyajikan masalah kehidupan sehari-hari siswa. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model PBL yang valid, (2) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model PBL yang praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research). Model pengembangan yang digunakan adalah model Dick dan Carey. Perangkat pembelajaran PBL yang dikembangkan terdiri dari buku siswa, buku guru, LKS, RPP dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil pengembangan dihasilkan perangkat pembelajaran yang valid tergambar dari hasil validasi keseluruhan perangkat pembelajaran yang menunjukkan kriteria validitas berada pada kriteria sangat valid, validasi soal tes hasil belajar menunjukkan kriteria soal valid dan validitas butir soal secara empirik menunjukkan butir soal valid dan reliabel. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan praktis terlihat dari hasil uji coba lapangan pada kelas X IA 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh, dimana persentase rata-rata aktivitas siswa menunjukkan kriteria sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran yang diamati oleh guru menunjukkan kriteria sangat baik, nilai hasil kerja siswa pada LKS juga menunjukkan rata-rata kriteria baik, hasil penilaian siswa dan guru terhadap perangkat pembelajaran juga menunjukkan baik dan nilai tes hasil belajar siswa juga sudah mencapai rata-rata 76,1. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran PBL yang dikembangkan dalam penelitian ini memenuhi kategorikan valid dan praktis. Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah.