PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Main Author: | Elis Nurhayati, - |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Kajian dan Pengembangan Profesi Pendidikan Indonesia (LKP3I)
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnalpedagogiana.lkp3i.id/index.php/pedagogiana/article/view/28 https://jurnalpedagogiana.lkp3i.id/index.php/pedagogiana/article/view/28/33 |
Daftar Isi:
- Yang melatar belakangi penelitian ini bersumber dari hasil belajar siswa yang masih rendah tentang materi perubahan wujud benda, dan dalam proses pembelajaran pada pembelajaran IPA di kelas IV dalam penyampaian materi selama ini sering menggunakan metode ceramah yang seolah-olah tidak ada makna kaitannya dengan peningkatan kemampuan berfikir untuk memecahkan berbagai persoalan sehingga siswa merasa enggan, kurang tertarik, membosankan, tidak bermakna dan kurang dapat memahami materi yang diberikan oleh guru. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa adalah dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah 1) Apakah penggunaan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep perubahan wujud benda. 2) Bagaimana guru menerakan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Ingin meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada konsep perubahan wujud benda dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). 2) Ingin mengembangkan kemampuan guru dalam mengerjakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus yang setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Campaka Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta, dengan jumlah 22 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) Jika menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) maka akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Jika guru menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) maka kemampuan guru akan meningkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siklus I sebesar 56,4, siklus II sebesar 63,6, siklus III sebesar 75. Dari hasil penelitian direkomendasikan kepada para guru SD agar dapat menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat dipilih untuk topik-topik terpilih dalam pembelajaran IPA.