PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF BAHASA INDONESIA MELALUI PERTANYAAN TERSTRUKTUR DI SEKOLAH DASAR

Main Author: Rina Rosiana
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Kajian dan Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnalpedagogiana.lkp3i.id/index.php/pedagogiana/article/view/11
https://jurnalpedagogiana.lkp3i.id/index.php/pedagogiana/article/view/11/4
Daftar Isi:
  • Untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf khususnya mata pelajaran BahasaIndonesia perlu adanya upaya yang jelas. Salah satu upaya tersebut adalah denganmenggunkan pertanyaan terstruktur. Permasalahan penelitian dapat dirumuskan sebagaiberikut: Apakah pemberian pertanyaan terstruktur dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf Bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Karang Asih 06 Cikarang Utara?. Tujuan penelitian tindakan ini adalah 1) Mengetahui pengingkatan kemampuan menulis paragrafbsingkat Bahasa Indonesia dengan menggunakan pertanyaan terstruktur siswa kelas VI SDNbKarang Asih 06 Cikarang Utara; 2) Meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan dan memvariasikan metode pembelajaran. Adapun metode penugasan dengan latihan-latihan membuat paragraf. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk: (1.) Mengetahui peningkatan kemampuan menulis paragraf singkat bahasa Indonesia dengan menggunakan pertanyaan terstruktur siswa kelas VI SDN Karang Asih 06, (2.) Meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan dan memvariasikan metode pembelajaran. Melalui hasil penelitian yang dilakukan dapat ditunjukkan bahwa melalui pertanyaan terstruktur dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf bahasa Indonesia. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan pada masing-masing siklus.
  • Untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf khususnya mata pelajaran BahasaIndonesia perlu adanya upaya yang jelas. Salah satu upaya tersebut adalah denganmenggunkan pertanyaan terstruktur. Permasalahan penelitian dapat dirumuskan sebagaiberikut: Apakah pemberian pertanyaan terstruktur dapat meningkatkan kemampuan menulisparagraf Bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Karang Asih 06 Cikarang Utara?. Tujuanpenelitian tindakan ini adalah 1) Mengetahui pengingkatan kemampuan menulis paragrafsingkat Bahasa Indonesia dengan menggunakan pertanyaan terstruktur siswa kelas VI SDNKarang Asih 06 Cikarang Utara; 2) Meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkandan memvariasikan metode pembelajaran. Adapun metode penugasan dengan latihan-latihanmembuat paragraf. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk: (1.) Mengetahui peningkatankemampuan menulis paragraf singkat bahasa Indonesia dengan menggunakan pertanyaanterstruktur siswa kelas VI SDN Karang Asih 06, (2.) Meningkatkan keterampilan guru dalammengembangkan dan memvariasikan metode pembelajaran. Melalui hasil penelitian yangdilakukan dapat ditunjukkan bahwa melalui pertanyaan terstruktur dapat meningkatkankemampuan menulis paragraf bahasa Indonesia. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajarsiswa yang mengalami peningkatan pada masing-masing siklus.