GAMBARAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH USIA 3-6 TAHUN DI DAYCARE BISA KALIBUNTU KENDAL

Main Author: Tanjung, Ria Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository2.unw.ac.id/439/1/ARTIKEL%20Daycare.pdf
http://repository2.unw.ac.id/439/2/skripsi.pdf
http://repository2.unw.ac.id/439/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Dalam perkembangan anak terdapat masa kritis, dimana diperlukan stimulasi yang berguna agar potensi berkembang, sehingga perlu mendapat perhatian perkembangan psiko-sosial sangat dipengaruhi lingkungan dan interaksi antara anak dengan orang tuannya/orang dewasa lainnya, Daycare berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk jangka waktu tertentu bagi anak yang orangtuanya bekerja, di Daycare Bisa didapatkan anak usia 4 tahun dan 5 tahun belum dapat berbicara dengan lancer, dalam segi bahasa teramati mengalami kesulitan dalam menerima bahasa sehingga anak lamban mengungkapkan bahasa Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan anak prasekolah usia 3-6 tahun di desa Daycare Bisa Kalibuntu Kendal. Metode : penelitian ini adalah penelitian deskriptif, pendekatan menggunakan Cross Sectional. Sampel adalah anak usia 3-6 tahun, dengan teknik purposive sampling jumlah 37 anak, alat pengumpulan data DDST II Hasil : personal sosial 37 anak normal (100,0), adaptif motorik halus 37 anak normal (100,0), bahasa 34 anak normal (91,9) dan 3 anak delay (8,1), motorik kasar 37 anak normal (100,0), keseluruhan 34 anak normal (91,9) dan 3 anak suspect. Simpulan : Perkembanga anak prasekolah usia 3-6 tahun di Daycare Bisa sebagian besar dalam kategori normal bahwa sebagian besar normal sesuai usia, sebanyak 34 anak (91,9 %), dan 3 menunjukkan delay (8,1), untuk mencapai perkembangan anak yang optimal, orang tua diharapkan memberikan stimulasi perkembangan