HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK KE ORANGTUA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD SIDOMULYO 04 UNGARAN

Main Author: Feby, Lini Mustika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository2.unw.ac.id/2/1/SKRIPSI.docx
http://repository2.unw.ac.id/2/2/ARTIKEL.pdf
http://repository2.unw.ac.id/2/
Daftar Isi:
  • Bullying yang terjadi di sekolah dapat menimbulkan trauma dan ketakutan pada anak sehingga anak enggan pergi ke sekolah dan mengalami gangguan dalam proses belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku bullying pada anak usia sekolah adalah komunikasi interpersonal anak ke orangtua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi interpersonal anak ke orangtua dengan perilaku bullying pada anak usia sekolah di SD Sidomulyo 04 Ungaran Kabupaten Semarang. Desain penelitian ini deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini anak usia sekolah kelas6 di SD Sidomulyo 04 Ungaran Kabupaten Semarang sebanyak 68 anak dengan teknik total sampling. Alat pengambilan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi interpersonal anak ke orangtua pada anak usia sekolah sebagain besar kategori sedang (67,6%). Perilaku bullying pada anak usia sekolah sebagain besar kategori ringan (60,3%). Ada hubungan komunikasi interpersonal anak ke orangtua dengan perilaku Bullying pada anak usia sekolah di SD Sidomulyo 04 Ungaran Kabupaten Semarang dengan p value sebesar 0,025 < α (0,05). Sebaiknya mahasiswa mengendalikan stres yang dialami diantaranya aktif melakukan siswa meningkatkan komunikasi dengan orang tua dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan