Phobia dalam Pembelajaran Matematika di Pendidikan Dasar

Main Author: Mulhamah, Mulhamah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram , 2018
Online Access: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/501
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/501/295
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fobia matematika. Penulisan artikel ini menggunakan metode studi pustaka atau biasa disebut dengan istilah library research. Dalam hal ini, penulis mengumpulkan referensi baik dari buku, artikel jurnal, maupun dari prosiding yang terkait fobia dalam suatu pembelajaran matematika di pendidikan dasar. Ketiga jenis referensi tersebut akan memuat hasil penelitian yang berkaitan dengan topik yang diangkat oleh peneliti. Referensi tersebut akan dipelajari dengan seksama untuk memperoleh penjelasan secara rinci tentang apa itu fobia matematika, penyebab dari fobia matematika, serta solusi dalam mengatasi fobia matematika di pendidikan dasar. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu faktor utama penyebab fobia matematika bukanlah karena bodoh ataupun malas, akan tetapi lebih mengarah kepada kecemasan dan ketakutan yang timbul. Kecemasan ini lebih disebabkan oleh suatu hal yang bersifat abstrak, berbeda dengan ketakutan yang lebih disebabkan oleh sesuatu yang tampak dan nyata. Oleh sebab itu, fobia berkaitan erat dengan perasaan atau emosi yang memunculkan rasa takut ataupun cemas. Guru merupakan salah satu faktor kunci selain dari faktor orangtua, intelektual, dan lingkungan dalam mencegah serta mengatasi fobia matematika.