MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI KELAS IV SDN 3 KARANGANOM
Main Authors: | Rahmawati, Isna, Ferryka, Putri Zudhah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram
, 2020
|
Online Access: |
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/2539 https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/2539/1312 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas adalah model Kemmis & Taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar, wawancara, dokumentasi, observasi, dan catatan lapangan. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar tes, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan rata-rata keaktifan siswa setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan model make a match. Pada siklus 1 mengalami peningkatan dari sebelum dilakukan tindakan hanya sebesar 23,33% menjadi sebesar 48,33%. Selanjutnya pada siklus 2 juga mengalami peningkatan menjadi 73,33% siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.