MEMBANGUN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO
Main Authors: | Julrissani, Julrissani, Parid, Miptah, Kusainun, Noven |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram
, 2020
|
Online Access: |
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/1757 https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/1757/1280 |
Daftar Isi:
- Artikel ini mengkaji tentang membangun kreativitas guru dalam pembelajaran tematik. Kreativitas guru dalam pembelajaran tematik diperlukan dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian pembelajaran. Kreativitas dalam tahap perencanaan berarti berkaitan dengan penyusunan RPP. Kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran berkaitan dengan penerapan pembelajaran tematik. Kreativitas guru dalam penilaian adalah berkaitan dengan pemilihan teknik pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun kesimpulan dari penelitian ini mengenai cara yang dapat dilakukan untuk membangun kreativitas guru dalam pembelajaran tematik di SD Muhammadiyah Karangbendo adalah 1) mengembangkan sumber belajar dengan memanfaatkan lingkungan, objek yang terdekat dengan siswa, dan pengalaman siswa, 2) mengikuti kegiatan pembinaan dan pengembangan, seperti seminar, pelatihan, diklat, KKG, workshop, dan sebagainya, serta 3) melakukan penelitian, seperti studi kasus dan penelitian tindakan kelas.