MEMBANGUN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO

Main Authors: Julrissani, Julrissani, Parid, Miptah, Kusainun, Noven
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram , 2020
Online Access: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/1757
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/1757/1280
Daftar Isi:
  • Artikel ini mengkaji tentang membangun kreativitas guru dalam pembelajaran tematik. Kreativitas guru dalam pembelajaran tematik diperlukan dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian pembelajaran. Kreativitas dalam tahap perencanaan berarti berkaitan dengan penyusunan RPP. Kreativitas  guru dalam pelaksanaan pembelajaran berkaitan dengan penerapan pembelajaran tematik. Kreativitas  guru dalam penilaian adalah berkaitan dengan pemilihan teknik pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Adapun kesimpulan dari penelitian ini mengenai cara yang dapat dilakukan untuk membangun kreativitas guru dalam pembelajaran tematik di SD Muhammadiyah Karangbendo adalah 1) mengembangkan sumber belajar dengan memanfaatkan lingkungan, objek yang terdekat dengan siswa, dan pengalaman siswa, 2) mengikuti kegiatan pembinaan dan pengembangan, seperti seminar, pelatihan, diklat, KKG, workshop, dan sebagainya, serta 3) melakukan penelitian, seperti studi kasus dan penelitian tindakan kelas.