Konstruksi Budaya Dalam Iklan: Analisis Semiotik Terhadap Konstruksi Budaya Dalam Iklan "Viva Mangir Beauty Lotion"
Main Authors: | Rajiyem, ., Setianto, Widodo Agus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Cultural Sciences
, 2012
|
Online Access: |
https://journal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/815 https://journal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/815/657 |
Daftar Isi:
- Sebuah Man tidak hanya menyampaikan pesan penjualan . Man penuh dengan bahasa simbolik, baik pada aspek verbal maupun visualnya . Pendekatan semiotik dapat digunakan untuk menelaah lebih dalam makna di balik kata-kata dan gambar . Konstruksi budaya dalam ikian "Viva Mangir Beauty Lotion" makin mempertegas subordinat perempuan dalam budaya patriarki . Konstruksi kecantikan tubuh perempuan adalah yang memiliki kulit halus, lembut, segar, dan bercahaya . Citra yang ditampilkan memperkuat bahwa perempuan Jawa harus bisa macak, di samping masak dan manak .