Grrab (Gerakan Berbahasa Arab) Melalui Tutor Sebaya Siswa Sma Al-Fattah Buduran Sidoarjo

Main Authors: Hikmah, Khizanatul, Amrullah, Muhlasin
Format: Article info application/pdf eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: Pusat Penerbitan Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur , 2019
Online Access: http://journals.umkt.ac.id/index.php/pesut/article/view/1221
http://journals.umkt.ac.id/index.php/pesut/article/view/1221/363
Daftar Isi:
  • SMA Al-Fattah merupakan mitra yang dijadikan pilot project dalam pemberdayaan tutor sebaya melaui gerakan berbahasa arab (GRRAB). Dalam perkembangannya, dari segi lingkungan berbahasa baik disekolah maupun keseharian belum berjalan maksimal. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran siswa untuk berbahasa arab, kurang optimalnya stimulus dari pihak sekolah dan pesantren dalam menumbuhkan kepercayaan diri dan keberanian dalam berbahasa arab. Penguasaan Skill Berbahasa Arab pada siswa SMA Al-Fattah kurang maksimal disebabkan belum adanya upaya pemberdayaan tutor sebaya sebagaimana di Gontor. Solusi yang ditawarkan dalam memecahkan permasalahan mitra, adalah dengan pendampingan guru-guru al-Fattah dalam rangka pemberdayaan tutor sebaya melalu tahapan penyeleksian dan pembentukan tutor sebaya, on the job training tutor sebaya, pelakasanaan tugas dan fungsi tutor sebaya dalam peningkatan skill berbahasa arab melalui gerakan berbahasa arab, serta evaluasi dan monitoring, penyusunan modul tutor sebaya dan buku bahasa arab "muhadatsah al-yaumiyah". Hasil pengabdian masyarakat ini adalah tutor sebaya dapat menjadi fasilitator dan pendamping terhadap siswa lainnya, terjadi peningkatan kualitas skill berbahasa arab siswa SMA Al-Fattah yang aktif dan komunikatif, menghidupkan bahasa arab, serta terbentuknya iklim berbahasa baik dilingkungan formal maupun keseharian melalui GRRAB. Adanya peningkatan pemahaman serta penerapan metode tutor sebaya oleh guru-guru al-Fattah, adanya modul tutor sebaya yang dijadikan acuan dalam pembelajaran, serta buku "muhadatsah al-yaumiyah"