Hubungan Stimulasi Orang Tua, Pola Asuh dan Lingkungan Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di PAUD Kota Samarinda
Main Authors: | Sari, Laila, Zulaikha, Fatma |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eArticle |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Borneo Student Research (BSR)
, 2020
|
Online Access: |
http://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/929 http://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/929/602 |
Daftar Isi:
- Tujuan studi: Bertujuan mengetahui hubungan stimulasi, pola asuh dan lingkungan dengan perkembangan bahasa. Metodologi: Metode kuantitatif pendekatan cross-sectional, sebanyak 82 responden, teknik sampel total sampling, instrumen menggunakan kuesioner dan KPSP. Hasil: Hasil penelitian variabel stimulasi p value 0,369>0,05 dengan nilai r 0,100 sehingga tidak ada hubungan yang bermakna antara stimulasi dengan perkembangan bahasa, variabel pola asuh p value 0,042<0,05 dengan nilai r 0,226 sehingga terjadi hubungan yang bermakna antara pola asuh dengan perkembangan bahasa, variabel lingkungan p value 0,093<0,05 dengan nilai r -0,187 sehingga tidak ada hubungan yang bermakna antara lingkungan dengan perkembangan bahasa. Manfaat: Sebagai panutan dan referensi pada penelitian yang akan diteliti berhubungan dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah