Hubungan Pengetahuan Orang Tua, Pola Asuh dan Status Gizi dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di PAUD Kota Samarinda

Main Authors: Cahyanti, Cecen Nur, Zulaikha, Fatma
Format: Article info application/pdf eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: Borneo Student Research (BSR) , 2020
Online Access: http://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/927
http://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/927/598
Daftar Isi:
  • Tujuan studi: Untuk menganalisa hubungan pengetahuan orang tua, pola asuh dan status gizi dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah. Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi 82 responden, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji statistik Spearman Rho. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian antara pengetahuan orang tua dengan perkembangan bahasa diperoleh nilai (p value = 0.000; r = 0.466), sedangkan pola asuh dengan perkembangan bahasa anak didapatkan nilai (p value = 0.042; r = 0.226) dan hasil dari status gizi dengan perkembangan bahasa diperoleh nilai (p value = 0,000; r = 0.621). Manfaat: Sebagai referensi penelitian yang berhubungan dengan pengetahuan orang tua, pola asuh dan status gizi dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah.