Hubungan Stimulasi Orang Tua, Status Gizi dan Lingkungan dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di PAUD Kota Samarinda

Main Authors: aseandre, iin iin, Zulaikha, Fatma
Format: Article info application/pdf eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: Borneo Student Research (BSR) , 2020
Online Access: http://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/926
http://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/926/549
Daftar Isi:
  • Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara stimulasi orang tua, status gizi dan lingkungan dengan pekembangan bahasa anak usia prasekolah. Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 82 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Uji statistik menggunakan uji Spearman Rho Hasil: Hasil penelitian menunjukan tidak ada hubungan antara Stimulasi orang tua dengan Perkembangan Bahasa dengan nilai p=value 0,369 > 0,05, dan adanya hubungan antara Status Gizi dengan Perkembangan Bahasa dengan niali p-value  0,000< 0,05 , serta tidak adanya hubungan antara Lingkungan dengan Perkembangan Bahasa dengan nilai P-value 0,093>0,05. Sehingga dapat di simpulkan dari hasil tersebut terdapat hubungan antara Status Gizi dengan perkembangan bahasa anak dan tidak ada hubungan antara Stimulasi Orang Tua dan Linhkungan dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah di Kota Samarinda Manfaat: Sebagai panutan dan referensi pada penelitian yang akan diteliti berhubungan dengan perkembangan bahasa anak usia prasekolah.