Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Darus Keliling (Darling) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun 2019
Main Author: | Sholekhah, Ana Mar’atus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/4 https://jie.iain-jember.ac.id/index.php/jie/article/view/4/5 |
Daftar Isi:
- Kegiatan keagamaan merupakan kegiatan yang amat penting di MI Negeri 3 Jember, mengingat masih banyak peserta didik yang membutuhkan bimbingan guru untuk memiliki karakter yang sesuai dengan tuntunan Islam, di zaman teknologi initidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak zaman sekarang sudah mengenal yang namanya internet. Maka dari itu pendampingan orang tua dan guru sangat dibutuhkan dalam perkembangan anak-anaknya. Salah satu pendidikan yang diajarkan guru kepada peserta didiknya sejak dini adalah pengajaran tentang al-Qur’an.Oleh karena itu darus keliling (darling) merupakan kegiatan yang tepat dalam proses membelajarkan al-Qur’an dalam rangka menanamkan karakter religius kepada peserta didik. Fokus penelitian yang dikaji adalah: Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegitan ekstrakurikuler darus keliling (darling) di MI Negeri 3 Jember tahun 2019? Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler darus keliling di MI Negeri 3 Jember dalam hal ini adalah guru yang senantiasa membimbing anak-anak anggota darling untuk belajar al-Qur’an. Darling ini adalah sebuah wadah yang diberikan oleh guru untuk mengembangkan potensi peserta didik. Karakter religius pun terbentuk yakni sikap patuh dalam menjalankan agama Islam, misalnya membaca al-Qur’an. keliling di MI Negeri 3 Jember dalam hal ini menggunakan instrumen penilaian yang memiliki 3 aspekpenilaian yakni aktif, kurang aktif dan tidak aktif.