ANALISIS BUTIR DENGAN TEORI TES KLASIK DAN TEORI RESPONS BUTIR

Main Author: Mardapi, Djemari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM UNY , 2015
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7244
https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7244/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tingkat konsistensi hasil analisis butir tes, estimasi kehandalan tes, dan estimasi kemampuan antara teori klasik dan teori respons butir. Populasi penelitian ini adalah sekkor tes kuasa (power test) sedanngcuplikannya adalah sekor hasil tes potensi belajar mahasiswa baru FPTK IKIP Yogyakarta angkatan 1992. Tes potensi belajar ini dirancang untuk seleksi masuk ke perguruan tinggi yang dikemabangkan oleh Pusat Pengembangan Sistem Pengujian Balitbang Depdikbud. Teknik analisis data yang digunakan adalah paket program MicroCat. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) jumplah butir yang ditolak menutur teori tes klasik lebih banyak disbanding menurut teori respon butir 2) indeks konsistensi hasil analisi butir adalah rendah 3) terdapat hubungan yang tinggi antara hasil estimasi kemampuan pada kedua teori tersebut yaitu, 0,99 dan 0,98 untuk perangkat 1 dan perangkat 2, 4)indeks kehandalan tes menurut teori tes klasik dan teori respons butir sama-sama tinggi, dilihat dari besarnya kesalahan baku pengukuran. Selanjutnya disarankan agar para pengembang test untuk tinngkat regional mencoba menggunakan teori trespons butir dalam mengembangkan tes, dan perlu penelitian yang sejenis dengan data yang berbeda dan dengan paket program yang baru.