ANALISIS BUKU TEKS MUATAN TEMATIK INTEGRATIF, SCIENTIFIC APPROACH, DAN AUTHENTIC ASSESSMENT SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Novianto, Anwar, Mustadi, Ali |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM UNY
, 2015
|
Online Access: |
https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7181 https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7181/6192 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) muatan tematik integratif, (2) muatanscientifi c approach, dan (3) mendeskripsikan muatan authentic assessment dalam buku teks kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, penentuan sampel, pencatatandata, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan mendeskripsikan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa (1) sebagian besar indikator keterpaduan pada buku teks sesuai, tetapi masih ada kesalahanpenomoran KD yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 dan ketidaksesuaian materidengan KD yang tercantum (2) muatan scientifi c approach yang tercantum pada buku teks mencakupkegiatan bervariasi yang mengarahkan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam membangunpengetahuan (3) muatan authenthic assessment sudah memenuhi sebagian besar indikator, tetapi masihperlu dilengkapi dengan rubrik penilaian untuk membantu guru dalam menerapkan penilaian tersebut.Penilaian ini menggambarkan kemampuan siswa meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan