PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PASCABENCANA ERUPSI MERAPI

Main Authors: Sutama, Sutama, Narimo, Sabar, Haryoto, Haryoto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM UNY , 2012
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2227
https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2227/1838
Daftar Isi:
  • Penelitian tahun pertama ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pengajaran matematika yang dilakukan oleh guru sekolah dasar. Secara lebih spesifik, tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas dan media dan bahan pembelajaran dan interaksinya dalam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru di Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Secara keseluruhan, penelitian ini dilakukan dalam rangka penelitian dan pengembangan (R & D), tetapi untuk tahun pertama, digunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui metude alur. Temuan penelitian ini adalah: (1) pengelolaan kelas dan media yang dilakukan dengan tepat membuat pembelajaran matematika efektif, produktif, dan menumbuhkan motivasi untuk pemahaman konsep; (2) Pengelolaan bahan pembelajaran secara holistik menghasilkan hasil yang optimal dan berfikir reflektif bagi siswa; (3) pengelolaan interaksi membuat proses pembelajaran hidup dan menyenangkan dan akhirnya menghasilkan pencapaian tujuan pembelajaran