PENERAPAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MENCIPTAKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) PADA PT. PLN (PERSERO) AREA SURAKARTA
Main Author: | Nurati, Dian Esti |
---|---|
Other Authors: | UNISRI |
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
RESEARCH FAIR UNISRI
, 2019
|
Online Access: |
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/rsfu/article/view/2583 http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/rsfu/article/view/2583/2315 |
Daftar Isi:
- Substansi keberadaan CSR dalam suatu perusahaan adalah dalam rangka memperkuat keberlanjutan perusahaan itu sendiri di sebuah kawasan, dengan jalan membangun kerjasama antar stakeholders yang difasilitasi perusahaan tersebut dengan menyusun program-program pengembangan masyarakat sekitarnya. Atau dalam pengertian kemampuan perusahaan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya, komunitas dan stakeholder yang terkait dengannya, baik lokal,nasional, maupun global, karenanya pengembangan CSR perlu mengacu pada konsep pembangunan yang berkelanjutan (sustainability development). Penelitianini bertujuan untuk mengetahui Program CSR PT PLN Area Surakarta dalammembangun Good Corporate Governance serta pelaksanaan program CorporateSosial Responsibility yang dikelola oleh Tim CSR PT PLN Area Surakarta sesuaidengan kebutuhan masyarakat sebagai target sasaran. Konsep dan pengertianGood Corporate Governance yang dipergunakan sebagai alat analisis adalahmengacu pada definisi Cadbury Commite dan Pedoman GCG yang disusun olehKomite Nasional Kebijakan Corporate Governanace. Dalam penelitian ini,penulis berusaha mengetahui lebih mendalam mengenai Program Kemitraan,yaitu Community Relation , Community Services , Community Empowering dan Pelestarianalam sebagai fungsi CSR yang dilaksanakan oleh PT PLN Area Surakarta. Metode yangdipergunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian kualitatif yangmemaparkan secara lebih rinci mengenai kondisi yang terjadi, denganmempergunakan analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa Tim CSR merupakan pelaksana CSR, mulai darimenganalisa proposal permohonan yang masuk, melakukan survei, membuatperjanjian kontrak, menyerahkan bantuan, dan kemudian memberikanpendampingan atau pembinaan terkait dengan penerima CSR. Dalam hal ini TimCSR berperan sebagai Fasilitator, yaitu sebagai penghubung atau mediator antarapublik penerima CSR dan perusahaan sebagai pelaksana. Dengan terlaksananyaProgram CSR tersebut sangat berpengaruh pada aspek sosial, karena adanyakepedulian, yang diharapkan adanya kesinambungan program, yang akibatnyatimbul kepercayaan masyarakat. Bagi PT PLN area Surakarta, denganmenjalankan GCG telah merasakan besarnya manfaat yang bisa di ambil setelahmenjalankan konsep tersebut secara konsisten, selain kinerja yang juga terusmembaik.Kata Kunci: CSR (Corporate Social Responsibility), GCG (Good CorporateGovernance), Masyarakat Binaan.