PENGARUH NILAI HEDONIS, NILAI UTILITARIAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN DAN NIAT BERPERILAKU (Survei Pada Konsumen Timlo Sastro Solo)
Main Author: | MD Rahadhini, Lamidi |
---|---|
Other Authors: | Unisri |
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
RESEARCH FAIR UNISRI
, 2018
|
Online Access: |
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/rsfu/article/view/2005 http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/rsfu/article/view/2005/1780 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh nilai hedonis, nilai utilitarian, dan nilaipelanggan terhadap kepuasan dan niat berperilaku. Data diperoleh melalui survei denganmemberikan kuesioner kepada responden. Penelitian menggunakan nonprobabilitysampling, populasi penelitian adalah seluruh konsumen Timlo Sastro Solo. Sampelsebanyak 110 responden dengan teknik convenience sampling, yaitu konsumen yangsedang melakukan pembelian di Timlo Sastro Solo. Analisis data menggunakan SEMdengan program Amos, untuk menjelaskan hubungan antara variabel yangdihipotesiskan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai hedonis, nilai utilitariandan nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan; dan juga berpengaruhsignifikan terhadap niat berperilaku melalui kepuasan. Implikasi penelitian hendaknyaTimlo Sastro Solo menjaga kualitas rasa makanan, memberikan layanan yang cepat,menjaga kebersihan, dan mengatur tata letak untuk meningkatkan nilai pelangganterhadap restoran sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan konsumenmelakukan pembelian ulang serta merekomendasikan pada yang lain.Kata kunci: nilai hedonis dan utilitarian, nilai pelanggan, kepuasan, dan niat berperilaku