PENYULUHAN TENTANG PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA KELOMPOK PEREMPUAN USAHA KECIL DI SUKOWATI KABUPATEN SRAGEN

Main Author: Alwi Suddin, Yohanes Djoko Suseno &
Other Authors: UNISRI
Format: Article info application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat , 2018
Online Access: http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/adiwidya/article/view/2506
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/adiwidya/article/view/2506/2244
Daftar Isi:
  • Masyarakat kita cenderung hudup dalam budaya bekerja yang cenderung mencari aman atau menghendaki adanya Social Harmony. Hal ini sangat bertentangan dengan budaya dari kewirausahaan yang mengandung nilai-nilai seperti pantang menyerah ,berani mengambil re4siko, krersatif dan inovatif (Debbie Liao and Philip Semen, 2004) Industri kecil perumahan seperti makanan, mainan, kerajinan batik ini suadah turun temurun yang dilakukan oleh masyarakat Jejaring/ kelompok usaha kecil) di Sukowati Kabupaten Sragen.Metode pendekatan yang dilakukan untuk mengetahui permasalahan dari kelompok usaha kecil adalah dengan memberikan solusi nilai alternative meliputi: difokuskan bekal apa yang harus disiapkan peserta penyu;uhan/pendampingan tersebut benar-benar dilaksanakan, Mengadakan penyuluhan sistem pemasaran dan promosi serta solusi serta distribusi dan keuangannya.,memberikan solusi kepada peserta penyuluhan agar selalu mampu meningkatkan kemampuan dalam mengelola usaha yang professional. Rencana target dengan kondisi secara umum sebetulnya masih banyak potensi yang masih membutuhkan uluran tangan untuk meningkatkan keberadaan kelompok usaha kecil yang tergabung dalam kelompok menjadi pertimbangan kami supaya mampu mengelola usaha dengan baik dan menguntungkan. Capaian Target hasil dari program pengabdian pada masyarakat akan dimasukkan dalam jurnal Fakultas Ekonomi.Kata kunci: strategi pemasaran, jiwa kewirausahaan, usaha kecil.