PENGARUH PEMBELAJARAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn MATERI NILAI PANCASILA DALAM PRAKTIK PENYELENGGARAAN KEKUASAAN NEGARA (Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020)

Main Authors: ayu, felisia mega sri, Supeni, Siti, Sugiaryo, Sugiaryo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi PPkn Universitas Slamet Riyadi , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/3979
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/3979/3682
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/downloadSuppFile/3979/222
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mengetahui Pengaruh Pembelajaran Scientific Approach Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Nilai Pancasila Dalam Praktik Penyelenggaraan Kekuasaan Negara Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA2. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu paired sample t-test. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa thitung sebesar 12,412. d.b = (N-1) sehingga (36-1) = 35 dalam taraf signifikansi 5% adalah 2,030. Jadi thitung lebih besar dari ttabel atau 12,412 > 2,030, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis“Ada Pengaruh Pembelajaran Scientific Approach Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Nilai Pancasila Dalam Praktik Penyelenggaraan Kekuasaan Negara Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2019/2020” dengan taraf signifikansi yang sebesar 5%, bisa dibuktikan kebenarannya.