PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMA

Main Authors: Hakim S., Lukmanul, Sugiarti, Sugiarti, Jusniar, Jusniar
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPM Penalaran UNM , 2018
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/6042
https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/6042/3452
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk SMA kelas XI yang berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan KTSP. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 2 Polewali. Pengembangan LKS ini mengacu pada model pengembangan 4-D dari Thiagarajan, dkk yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop).Tahap penyebarluasan (disseminate) tidak dilakukan. LKS ini telah divalidasi oleh validator/ahli dan telah melalui uji coba terbatas, serta telah mengalami revisi berulang kali oleh pengembang sehingga diperoleh hasil yang valid, efektif, dan praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pada aspek kognitif, persen ketuntasan kelas sebesar 81,25 %; aktivitas siswa pada aspek psikomotorik dan afektif menunjukkan kecenderungan positif dengan persentase masing-masing untuk aspek psikomorik sebesar 81,25%, sementara untuk aspek afektif sebesar 91%, umumnya siswa memberikan respon positif terhadap LKS yang digunakan begitupun juga dengan respon guru kimianya.Kata Kunci: Model Pengembangan 4-D, Inkuiri Terbimbing, Penelitian Pengembangan, LKS