MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

Main Author: Rasiang, Rasiang
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPM Penalaran UNM , 2015
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1998
https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1998/974
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana Bahasa Indonesia melalui pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode yang diguakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis pada siklus I diperoleh informasi bahwa dari 35 siswa yang dikenakan tindakan pada pembelajaran terdapat 15 siswa (43%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa lainnya (57%) yang belum mencapai ketuntasan belajar. Hasil Analisis pada siklus II menunjukkan bahwa dari 35 siswa yang dikenakan tindakan pembelajaran terdapat 30 siswa (86%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa lainnya (14%) yang belum mencapai ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat menigkatkan keterampilan menulis karangan sederhana.Kata Kunci: Tipe CIRC, Pembelajaran Kooperatif, Keterampilan Menulis