EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Main Authors: Suparman, Achmad Rante, Mahmud, Andi Sukmawati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPM Penalaran UNM , 2015
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1996
https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1996/972
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas strategi pembelajaran aktif Learning Start with Question (LSQ) terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Sungguminasa. Variabel dalam penelitian ini merupakan variabel tunggal yaitu strategi pembelajaran aktif Learning Start with Question (LSQ) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Sungguminasa yang berjumlah 46 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk objektif tes yang terdiri dari 25 butir soal dan diperoleh nilai rata-rata seluruh peserta didik sebesar 78 dengan frekuensi 40 orang peserta didik tuntas dan 6 orang peserta didik tidak tuntas . Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif Learning Start with Question (LSQ) terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA2 pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan sebesar 87%.Kata kunci: Efektivitas, Strategi Pembelajaran Aktif, Learning Start with Question, Hasil Belajar