PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA2 SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA

Main Author: Suparman, Achmad Rante
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPM Penalaran UNM , 2015
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1985
https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/1985/959
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang diajar dengan strategi Learning Start with a Question (LSQ) dengan yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; (ii) perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik Field Dependent dan Field Independent; (iii) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungguminasa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA1 dan peserta didik kelas XI IPA2yang dipilih secara Purposive Sampling, masing-masing 32 orang untuk kelas yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori dan 32 orang untuk kelas strategi pembelajaran LSQ. Untuk membedakan antara peserta didik dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent(FD), dilihat dari hasil test Group Embedded Figures Test (GEFT). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varian dua arah General Linear Model (GLM) Univariat dengan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i)Strategi pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik; (ii)Gaya kognitif tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik; (iii) Ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap hasil belajar kognitifpeserta didik.Kata kunci: Hasil Belajar, Strategi LSQ, Strategi Ekspositori.