Aktualisasi Humanisasi Pendidikan dalam Pembentukan Kepribadian (Karakter) Muslim
Main Author: | Sirojudin, Didin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah Program Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/138 https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/138/130 |
Daftar Isi:
- Pendidikan adalah salah satu unsur dari aspek sosial – budaya yang berperan sangat strategis dalam pembinaan suatu keluarga, masyarakat dan bangsa.Kesetrategisan peranan ini pada intinya merupakan suatu ikhtiar yang dilaksanakan secara sadar, sistematis, terarah dan terpadu untuk memanusiakanpeserta didik serta menjadikan mereka sebagai khalifah di muka bumi dan manusia yang sempurna ( insane kamil ).Untuk mewujudkan insane kamil,maka diperlukan adanya sebuah bentuk pendidikan yang sesuai dengan fitrah dan eksistensi manusia atau yang kita kenal dengan istilah humanisasi, yakniproses memanusiakan manusia. Dalam arti, manusia adalah makhluk Tuhan yang tidak hanya dilengkapi dengan akal dan keterampilan, tetapi jugadilengkapi dengan rasa, hati, kepribadian dan nilai abadi yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya.Pada dasarnya, pendidikan sebagai sebuahkewajiban humanus merupakan proses pemberdayaan masyarakat melalui ilmu pengetahuan. Pedidikan yang humanis memandang kesadaran manusia akandiri dan dunianya sebagai suatu hasrat (intention) terhadap dunia. Pendidikan yang himanis memberikan kebebasan yang luas untuk berfikir kritis sehinggamanusia mampu untuk mengetahui jati diri dan dunia dimana ia berpijak.Perwujudan Pendidikan yang humanis akan mampu membentukpribadi muslim yang tahu akan tugasnya sebagai Abdullah dan khalifatullah di muka bumi.Pribadi muslim yang dimaksud di sini adalah suatu identitas yangdimilik seseorang sebagai cirri khas dari keseluruhan tingkah lakunyasebagai seorang muslim