Pengaruh Strategi Pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu

Main Authors: Boru Gultom, Halimah Sakdiah, Ritonga, Nurhakima, Sari, Novi Fitriandika
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/nukleus/article/view/1333
http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/nukleus/article/view/1333/1334
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem ekskresi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest–posttest control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa tes objektif pilihan ganda yang telah diuji keabsahannya. Pengujian statistik dari kedua kelas tersebut menggunakan uji-t, diperoleh hasil t hitung sebesar 4,958 dan t tabel 2,045. Hal ini menunjukkan bahwa thit > ttab(4,958 > 2,045) sehingga H0ditolak pada taraf signifikan α = 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi PQ4R terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem ekskresi