PENGARUH PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME BERBASIS CTL (CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MAS ALWASLIYAH NEGERI LAMA
Main Author: | Ritonga, Nurhakima |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/nukleus/article/view/1212 http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/nukleus/article/view/1212/1196 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontruktivisme pada kompetensi dasar memahami pencemaran lingkungan di kelas X MAS Alwasliyah Negeri Lama dan mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kontruktivisme berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Alwasliyah Negeri Lama. Sampel diambil secara acak, terpilih 2 (dua) kelas yang menjadi sampel yaitu sampel kelas X-1 (eksperimen) dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang dan kelas X-3 (control) dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang, sehingga total sampel 72 orang. Teknik analisis data dengan uji