PENGARUH PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME BERBASIS CTL (CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MAS ALWASLIYAH NEGERI LAMA

Main Author: Ritonga, Nurhakima
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2016
Subjects:
Online Access: http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/nukleus/article/view/1212
http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/nukleus/article/view/1212/1196
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontruktivisme pada kompetensi dasar memahami pencemaran lingkungan di kelas X MAS Alwasliyah Negeri Lama dan mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kontruktivisme berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Alwasliyah Negeri Lama. Sampel diambil secara acak, terpilih 2 (dua) kelas yang menjadi sampel yaitu sampel kelas X-1 (eksperimen) dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang dan kelas X-3 (control) dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang, sehingga total sampel 72 orang. Teknik analisis data dengan uji