MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA
Main Authors: | Widiati, Novia; Universitas PGRI Palembang, Syaifuddin, Syaifuddin; Universitas Muhammadiyah Palembang, Kusumawati, Nyimas Inda; Universitas Muhammadiyah Palembang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas PGRI Palembang
, 2020
|
Online Access: |
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/indiktika/article/view/4163 https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/indiktika/article/view/4163/3840 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematika pada materi barisan dan deret aritmetika di kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 3 kelas. Sampel diambil dengan melakukan acak kelas, dan terpilih kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes tertulis tentang kemampuan penalaran matematika. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, uji statistik yang dilakukan adalah uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematika pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang. Kata kunci : penalaran matematika, pembelajaran berbasis masalah ABSTRACTThis study aims to determine the effect of problem-based learning models on the ability of mathematical reasoning on arithmetic sequences and series in class VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang. This study used an experimental research method with post-test only control design. The population in this study were all students of class VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang in the 2018/2019 school year, amounting to 3 classes. Samples were taken by doing a random class, and selected class VIII.A as an experimental class and class VIII.B as a control class. Data collection techniques in this study were written tests of mathematical reasoning abilities. Data were analyzed descriptively quantitatively, the statistical test conducted was the t-test. The results of the data analysis show that there is an influence of the problem-based learning model on the ability of mathematical reasoning on arithmetic sequences and series in class VIII SMP Patra Mandiri 2 Palembang. Keywords : mathematical reasoning, problem based learning