PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Main Authors: Na'im, Ahmad; Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Oktiningrum, Wuli
Other Authors: Universitas Islam Raden Rahmat Malang
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas PGRI Palembang , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/indiktika/article/view/3224
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/indiktika/article/view/3224/3116
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah 20 siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT dan 20 siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan 5 soal uraian, angket,dan dokumentasi. Hasil uji Independent Sample t Test menunjukkan bahwa nilai thitung adalah 3,593. Sedangkan ttabel(α=0,05, N=40) adalah 2,021. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari tabel. Jadi disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Pengaruh tersebut terlihat pada selisih nilai rata-rata kedua kelas, dimana kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 53,6 sedangkan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 63,8. Hasil angket juga menunjukkan bahwa siswa setuju terhadap penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di kelas mereka.