Analisis Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa dengan Model Pembelajaran Role-Play (Studi Kasus: Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang)
Main Authors: | Supriadi, Diki, Sudiman, Josephine, Herman, Lisa Amelia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
The Indonesia Capital Market Institute
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.ticmi.co.id/index.php/jpmb/article/view/29 http://jurnal.ticmi.co.id/index.php/jpmb/article/view/29/34 |
Daftar Isi:
- This research was conducted at Padang State Polytechnic Department of Accounting. Students of this department acted as junior accountants in a role-play learning model with the aim to study their level of understanding at preparing basic financial reporting. Research method used is a qualitative descriptive method by conducting interviews, observations and documentation to obtain data and information that is accurate and similar to actual situations. The results showed that participants with a high accounting understanding level as much as 58%, a moderate accounting understanding level as much as 25% and with a low accounting understanding level as much as 17%. The results also show that the obstacles during this role-play learning model are lack of participants’ effort to learn the given modules and to act accordingly.
- Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang yang berperan sebagai akuntan junior dalam suatu model pembelajaran role-play dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa melalui pengujian modul praktik akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data serta informasi yang lebih akurat dan lengkap pada situasi dan kondisi sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Partisipan dengan tingkat pemahaman akuntansi tinggi adalah sebanyak 58%, terdapat Partisipan dengan tingkat pemahaman akuntansi sedang adalah sebanyak 25% dan terdapat Partisipan dengan tingkat pemahaman akuntansi rendah adalah sebanyak 17%. Hasil juga menujukkan bahwa hambatan-hambatan selama model pembelajaran role-play ini adalah kurangnya Partisipan dalam memahami modul yang diberikan dan ketidakseriusan Partisipan dalam mengikuti model pembelajaran role-play