PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS VII SMP NEGERI PASENAN

Main Authors: Gumay, Ovilia Putri Utami, Ali, Muhammad
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau , 2019
Online Access: https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SJPIF/article/view/312
https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SJPIF/article/view/312/163
Daftar Isi:
  • This study aims to determine the completeness of the learning outcomes of grade VII physics in Pasenan State Middle School after the picture and picture model was applied. This research method used is quasi-experimental research. The population in this study were all students in class VII.1 Pasenan State Middle School 2016/2017 Academic Year. The sample in the study consisted of one class taken randomly by drawn, namely class VII.1, which amounted to 32 students. Data collection techniques using test techniques in the form of essays amount to ten items. With an average pretest score of 43.58 and a posttest mean value of 78.93 so that there is an increase in the value of mastery learning outcomes of 35.35, this data was analyzed using the t-test. Based on the results of the analysis of the final test data with a confidence level of 95%, it can be t_count (6.54) and t_ (table) (1,697) because t_ (count>) t_table means that Ho is rejected and Ha is accepted. learning outcomes of grade VII physics at SMP Negeri Pasenan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar fisika kelas VII SMP Negeri Pasenan setelah diterapkan model picture and picture.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMPN Pasenan setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture. Metode penelitian ini yang digunakan adalah penelitian eksprimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.1 SMP Negeri Pasenan Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel pada  penelitian terdiri dari dari satu kelas diambil secara acak dengan cara diundi yaitu kelas VII.1 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dalam bentuk essay berjumlah sepuluh butir soal. Dengan nilai rata-rata pretest yaitu 43,58 dan nilai rata-rata posttest yaitu 78,93 sehingga terjadi peningkatan nilai ketuntasan hasil belajar sebesar 35,35, data ini dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data tes akhir dengan taraf kepercayaan 95 % di dapat (6,54) dan (1,697) karena berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka diperoleh kesimpulan bahwa model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar fisika kelas VII SMP Negeri Pasenan.