PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTTEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 LUBUKLINGGAU
Main Author: | Lovisia, Endang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SJPIF/article/view/295 https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SJPIF/article/view/295/159 |
Daftar Isi:
- This study aims to determine student learning outcomes after the STAD learning model is applied The formulation of the problem is, What is the result of student physics learning after following the physics learning dengn Student Teams Achievement (STAD) in class X.2 SMA Negeri 7 Lubuklinggau significantly ?. This study aims to determine the results of student learning on physics learning by using Student Teams Achievement (STAD) learning model in Class X.2 SMA Negeri 7 Lubuklinggau. The research method used is Quasi Eksperimen. Population in this study all students of class X SMA Negeri 7 Lubuklinggau and as sample is class X.2 which amounts to 25 students and taken at random. Data collection is done by using test and observation techniques. Based on the result of post-test analysis of experimental class t test that thitung> ttabel or 1,883> 1,697 thus Ha accepted and H0 in decline concluded that mean of student learning result is significant
- Penelitian ini berjudul “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 7 Lubuklinggau”. Rumusan masalahnya adalah, Apakah hasil belajar fisika siswa setelah mengikuti pembelajaran fisika dengn model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) di kelas X.2 SMA Negeri 7 Lubuklinggau signifikan tuntas?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) di Kelas X.2 SMA Negeri 7 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Lubuklinggau dan sebagai sampelnya adalah kelas X.2 yang berjumlah 25 siswa dan diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan teknik tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis post-test uji t kelas eksperimen bahwa thitung > ttabel atau 1,883 > 1,697 dengan demikian Ha diterima dan H0 di tolak, disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa signifikan tuntas. Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dalam kategori baik.