ANALISA SENTIMEN PENGGUNA E-MONEY PADA TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 DAN NAÏVE BAYES

Main Authors: moh.zaini, Zeli Erika Sholikha, Yulia Puspaningrum, Eva, Syaifullah JS, Wahyu
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur , 2020
Subjects:
Online Access: http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/212
http://jifosi.upnjatim.ac.id/index.php/jifosi/article/view/212/136
Daftar Isi:
  • Twitter merupakan microblogging service dimana pengguna dapat memperbarui status tentang berbagi informasi dan opini terhadap berbagai topik atau isu-isu yang terjadi.Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis sentimen dengan menggunakan dua algoritma, yaitu Naïve Bayes dan Decision Tree (C4.5) Dan dibandingkan dengan metode voting by majority. Langkah pertama dalam penelitian ini yaitu mengumpulkan pesan twitter yang mengandung keyword mengenai aplikasi e-money (OVO, Dana dan Go-Pay) dengan menggunakan API Twitter (proses crawling). Langkah selanjutnya kedua yaitu tahap preprocessing lalu tahap ketiga pembobotan kata dengan information gain. Pengolahan data yang mempersiapkan data untuk dapat dianalisis dengan algoritma naïve bayes dan Decision Tree (C4.5). Langkah terakhir yaitu tahap analisis pesan twitter yang akan dibandingkan melalui metode voting by majority dan akan dikategorikan ke dalam kategori positif, negatif dan undefined.Pada penelitian ini berhasil mendapatkan accuracy sebesar 60%, recall sebesar 99,3% dan yang terakhir precision 41%.