EFISIENSI PEMASARAN UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei) DI DESA KANDANGSEMANGKON KECAMATAN PACIRAN, KABUPATEN LAMONGAN, PROVINSI JAWA TIMUR

Main Authors: Mas'ud, Faisol, Hariyanto, Slamet
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Islam Lamongan , 2015
Subjects:
Online Access: http://grouper.unisla.ac.id/index.php/grouper/article/view/31
http://grouper.unisla.ac.id/index.php/grouper/article/view/31/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk Mengetahui pendapatan usaha yang diterima pembudidaya Udang Vannamei dan menganalisis pola saluran pemasaran Udang Vannamei, fungsi pemasaran dan lembaga pemasaran yang terlibat. Waktu dan Tempat Penelitian Pengumpulan data di lapang dilaksanakan mulai bulan September sampai dengan Oktober 2015 di Desa Kandangsemangkon Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus (case study) dengan Udang Vannamei satuan kasusnya adalah pedagang yang terlibat dalam kegiatan pemasaran Udang di Desa Kandangsemangon Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Studi kasus ini diharapkan bisa memberikan gambaran tentang kekhasan unit-unit studi yang menjadi subjek mendalam. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan total penerimaan rata-rata pembudidaya per tahun sebesar Rp 49.679.876. Total biaya rata-rata yang dikeluarkan pembudidaya Rp 40.876.987. Keuntungan rata-rata yang dihasilkan sebesar Rp 24.098.546. Keuntungan per musim tanam sebesar Rp 5.786.987. Terdapat tiga saluran pemasaran Udang Vannamei di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Saluran pertama melibatkan pembudidaya, pedagang pengumpul, pedagang pengecer luar kecamatan, rumah makan. Saluran kedua melibatkan pembudidaya, pedagang pengumpul dan pedagang eceran. Saluran ketiga melibatkan pembudidaya, pedagang pengumpul, pedagang pengumpul luar kecamatan, pedagang eceran luar kecamatan.