Evaluasi Konstruksi Dermaga pada Pelabuhan Perikanan di IPP Pancer Kabupaten Banyuwangi
Daftar Isi:
- Dalam kondisi eksisting dermaga di pelabuhan perikanan IPP Pancer terdapat kurangnya efisiensi untuk berlabuhnya kapal di dermaga dan juga lalulalang nelayan saat bongkar muat ikan karena jarak dan elevasi lantai dermaga dengan bibir pantai yang kurang dekat dan terlalu rendah.Dimensi dermaga tergantung pada jenis dan ukuran kapal yang bertambat pada dermaga belum mencukupi untuk berlabuh sejumlah 27 kapal per-hari menurut data yang ada di lapangan. Untuk kontruksi dermaga di IPP Pancer yang mengalami kerusakan akibat gaya bentur kapal dan gaya tarik kapal juga disebabkan bentuk atau dimensi yang kurang efisien untuk berlabuhnya kapal. Perencanaan ulang konstruksi dermaga dan juga fasilitas dermaga dimaksudkan untuk evaluasi kondisi eksisting yang sudah dipaparkan di atas, agar didapatkan hasil perencanaan konstruksi dermaga yang efisien. Dalam evaluasi perencanaan dermaga ini di dapatkan jenis dan jumlah kapal yang bersandar di dermaga yaitu jenis 10-30 GT dengan jumlah 27 kapal/hari,untuk kapasita/dimensi dan elevasi dermaga diketahui panjang 96 m,lebar 5 m, elevasi dermaga didapat dari perhitungan pasang surut dari MSL + 1.50 setinggi +3.37 m. Kemudian untuk fasilitas dermaga fender dengan dimensi tinggi 45 cm dan lebar 25 cm, serta fender memilih jenis Hype Ace Type VC4 dengan defleksi maksimal 45 % ,mampu menahan benturan kapal sebesar 7.8 ton.