Kajian Geometrik Konstruksi Jalan pada Daerah Potensi Pariwisata

Main Author: Salim, Noor
Format: Book PeerReviewed Thesis
Bahasa: ind
Terbitan: UPT Perpustakaan Unmuh Jember , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhjember.ac.id/765/1/%28OKE%29%20Kajian%20Geometrik%20Konstruksi%20Jalan%20pada%20Daerah%20Potensi%20Pariwisata.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/765/
Daftar Isi:
  • Jalan Patrang -Rembangan merupakan jalan penghubung antara kota jember menuju daerah pariwisata Rembangan Kabupaten Jjember. Sehingga pergerakan lalu lintas pada jalan tersebut cukup tinggi pada hari-hari tertentu, khususnya pada hari libur.. Sejalan dengan laju pertumbuhan lalu lintas tersebut, bila tidak diimbangi oleh tersedianya prasarana dan sarana transportasi yang memadai dapat menimbulkan masalah-masalah lalu lintas berupa ketidak tertiban lalu lintas, yang pada akhirnya akan menimbulkan kemacetan-kemacetan lalu lintas, kecelakaan dan gangguan lainnya terhadap kelancaran arus lalu lintas. Hal ini sebagai akibat rendahnya tingkat pelayanan prasarana dan sarana yang ada seperti sekarang telah mulai dirasakan . Peningkatan kapasitas jalan akan secara otomatis menaikkan kelas jalan dan berdampak pada perubahan karakteristik konstruksi jalan tersebut dan berubahnya kelaikan geometrik jalan. Dengan hal tersebut maka diperlukan peningkatan kapasitas konstruksi jalan Patrang-Rembangan tersebut, serta mengevaluasi keberadaan geometriknya dan diharapkan mampu memperlancar arus lalu lintas hingga 20 tahun kedepan sesuai umur perencanaan Dalam evaluasi Jalan menuju daerah pariwisata ini disimpulan antara lain Dari data-data teknis yang ada diperoleh bawasanya, kelas jalan didapat adalah kelas jalan II B dengan spesifikasi berbukit. Dari perencanaan geometrik diperoleh panjang jalan adalah 3 km dengan 4 tikungan. Didalam pekerjaan Galian tidak ada permasalahan yang berarti karena jenis tanah yang cukup baik Di dalam pekerjaan timbunan didapatkan penurunan konsolidasi yang terbesar yaitu pada timbunan dengan ketinggian tanah timbunan 2.5 meter, yaitu Sc = 0.07175 m Pada alinyemen vertikal paling tinggi terdapat pada Sta !+113 dengan EV = 2.204 m Direkomendasikan untuk perlu di lakukan pengaturan terhadap tata guna lahan di ruas jalan Patrang - Rembangan, sehingga untuk masa mendatang tak perlu merubah tatanan yang ada. Namun untuk hal ini di perlukan adanya penelitian yang lebih lanjut. Pemfungsian kembali fasilitas jalan agar kapasitas jalan tak terganggu