Kajian Kecelakaan pada Jalan Nasional (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Jember-Tanggul)

Main Author: Salim, Noor
Format: Article PeerReviewed Book Thesis
Bahasa: ind
Terbitan: FT UM Jember , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhjember.ac.id/715/1/Kajian%20Kecelakaan%20pada%20Jalan%20Nasional.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/715/
ctrlnum 715
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unmuhjember.ac.id/715/</relation><title>Kajian Kecelakaan pada Jalan Nasional (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Jember-Tanggul)</title><creator>Salim, Noor</creator><subject>624 Civil Engineering</subject><description>Pada ruas jalan Jember &#x2013; Tanggul Kabupaten Jember merupakan Jalan Nasional dari Jember menuju Surabaya yang sering di lewati kendaraan antar kota yang merupakan daerah rawan kecelakaan, Hal tersebut dapat disebabkan oleh kondisi jalan, faktor kendaraan pengguna jalan dan lingkungannya. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kondisi geometrik jalan untuk alinyemen horizontal pada ruas jalan ini tidak terdapat tikungan tajam, serta pada alinyemen vertikal ada beberapa titik yang tingkat kelandaiannya lebih dari 2%, sedangkan untuk kondisi permukaan jalan secara fisik dapat dikatakan tidak licin atau cukup kesat untuk kondisi sebuah jalan raya. Dari kondisi geometrik tersebut pada kondisi alinyemen vertikal cukup signifikan untuk menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Kapasitas jalan pada ruas jalan Jember- tanggul saat ini adalah sebesar 2233 smp/jam dengan derajat kejenuhan saat ini DS = 0,8422 Tingkat pelayanan pada ruas jalan ini adalah D yang berarti bahwa kondisi arus lalulintas mendekati tidak stabil, kecepatan operasi menurun relatif cepat akibat hambatan yang timbul, dan kebebasan bergerak relatif kecil Jumlah dan jenis kecelakaan pada ruas jalan Jember- Tanggul saat ini yaitu data korban Meninggal Dunia (MD) = 41,76 %, Luka Berat (LB) = 37,35% dan Luka Ringan (LR) = 20,89%. Penyebab kecelakaan pada ruas jalan ini adalah 61,1 % kecelakaan disebabkan oleh pengemudi, 20,5 % kecelakaan disebabkan oleh Pejalan kaki, 10,2 % kecelakaan disebabkan oeh Kendaraan, dan 5,7 % kecelakaan disebabkan oleh Jalan serta . 2,5 % kecelakaan disebabkan oleh Lingkungan</description><publisher>FT UM Jember</publisher><date>2013-06</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.unmuhjember.ac.id/715/1/Kajian%20Kecelakaan%20pada%20Jalan%20Nasional.pdf</identifier><identifier> Salim, Noor (2013) Kajian Kecelakaan pada Jalan Nasional (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Jember-Tanggul). Jurnal Elevasi, 4 (17). pp. 50-57. ISSN 1858-0092 </identifier><recordID>715</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
Thesis
author Salim, Noor
title Kajian Kecelakaan pada Jalan Nasional (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Jember-Tanggul)
publisher FT UM Jember
publishDate 2013
topic 624 Civil Engineering
url http://repository.unmuhjember.ac.id/715/1/Kajian%20Kecelakaan%20pada%20Jalan%20Nasional.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/715/
contents Pada ruas jalan Jember – Tanggul Kabupaten Jember merupakan Jalan Nasional dari Jember menuju Surabaya yang sering di lewati kendaraan antar kota yang merupakan daerah rawan kecelakaan, Hal tersebut dapat disebabkan oleh kondisi jalan, faktor kendaraan pengguna jalan dan lingkungannya. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kondisi geometrik jalan untuk alinyemen horizontal pada ruas jalan ini tidak terdapat tikungan tajam, serta pada alinyemen vertikal ada beberapa titik yang tingkat kelandaiannya lebih dari 2%, sedangkan untuk kondisi permukaan jalan secara fisik dapat dikatakan tidak licin atau cukup kesat untuk kondisi sebuah jalan raya. Dari kondisi geometrik tersebut pada kondisi alinyemen vertikal cukup signifikan untuk menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Kapasitas jalan pada ruas jalan Jember- tanggul saat ini adalah sebesar 2233 smp/jam dengan derajat kejenuhan saat ini DS = 0,8422 Tingkat pelayanan pada ruas jalan ini adalah D yang berarti bahwa kondisi arus lalulintas mendekati tidak stabil, kecepatan operasi menurun relatif cepat akibat hambatan yang timbul, dan kebebasan bergerak relatif kecil Jumlah dan jenis kecelakaan pada ruas jalan Jember- Tanggul saat ini yaitu data korban Meninggal Dunia (MD) = 41,76 %, Luka Berat (LB) = 37,35% dan Luka Ringan (LR) = 20,89%. Penyebab kecelakaan pada ruas jalan ini adalah 61,1 % kecelakaan disebabkan oleh pengemudi, 20,5 % kecelakaan disebabkan oleh Pejalan kaki, 10,2 % kecelakaan disebabkan oeh Kendaraan, dan 5,7 % kecelakaan disebabkan oleh Jalan serta . 2,5 % kecelakaan disebabkan oleh Lingkungan
id IOS14212.715
institution Universitas Muhammadiyah Jember
institution_id 640
institution_type library:university
library
library Digilib Universitas Muhammadiyah Jember
library_id 1079
collection Repository Universitas Muhammadiyah Jember
repository_id 14212
city JEMBER
province JAWA TIMUR
repoId IOS14212
first_indexed 2020-07-23T10:18:21Z
last_indexed 2022-03-02T22:03:42Z
recordtype dc
_version_ 1726227747436494848
score 17.538404