Daftar Isi:
  • DGBL adalah metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi permainan/game yang telah dirancang khusus untuk membantu dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan DGBL kita dapat memberikan stimulus pada tiga bagian penting dalam pembelajaran yaitu Emotional, Intellectual, dan Psycomotoric. Kegiatan belajar memerlukan kesiapan dalam diri anak, artinya belajar sebagai suatu proses membutuhkan aktifitas baik fisik maupun psikis. Selain itu kegiatan belajar pada anak harus disesuaikan dengan tahap-tahap perkembangan mental anak, karena belajar bagi anak harus keluar dari anak itu sendiri. Pemilihan media DGBL ini dimaksudkan sebagai sarana pembelajaran bagi anak sekolah dasar kelas 1( usia 7 tahun), serta untuk mengetahui tingkat penerimaan anak usia 7 tahun terhadap DGBL. Berdasarkan hal-hal tersebut peneliti mengangkat tema Digital Game Based learning (DGBL) untuk menjadi bahan menyelesaikan tugas akhir.