Identifikasi Masalah Belajar Siswa SMK Negeri 2 Jember Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier
Daftar Isi:
- Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk membantu kinerja Guru BK dalam mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan layanan siswa agar mendapatkan data permasalahan secara cepat dan akurat. Dalam penelitian ini digunakan metode Naive Bayes Classifier untuk menentukan layanan yang tepat untuk penanganan masalah siswa berdasarkan buku Instrumen IKMS. Berdasarkan instrumen IKMS, ada sembilan macam pelayanan yang akan diberikan kepada siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi berdasarkan dari kuesioner yang diberikan kepada siswa. Dalam penelitian ini menggunakan data 60 orang siswa yang didapat secara acak. Dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier didapatkan akurasi perhitungan sebesar 98,33%. Dari hasil penelitian ini diambil kesimpulan bahwa metode Naive Bayes Classifier efektif digunakan untuk membantu mengidentifikasi masalah belajar siswa.