Pengaruh Munculnya Berita HOAX di Media Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Pemilih Milenial Pada PILPRES 2019
Daftar Isi:
- Pratama Budi Santoso, 2019 Pengaruh Berita Hoax Dimedia Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Pemilih Milenial Pada Pilpres 2019. Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jember, Pembimbing : Ir. H.M. Thamrin, M.Si. Kata Kunci : Perubahan Perilaku, Pemilih Milenial, Pemilihan Umum, Berita Hoax, Media Sosial, Pemilih Media. Pemilih milenial adalah mereka yang terdiri dari generasi milenial dengan rentang usia 18 sampai 37 tahun. Penelitian ini dilakukan di didesa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengemukakan beberapa masalah berkaitan dengan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku pemilih milenial, media sosial apa yang digunakan, dan efektifitas edukasi media secara langsung. Faktor pertama yang dapat berpengaruh dalam perubahan perilaku pemilih milenial antara lain, usia, tingkat pendidikan, pendapatan ekonomi. Faktor kedua adalah frekuensi berita hoax,konten berita hoax. Kemudian, efektifitas edukasi penggunaan media secara langsung yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun tokoh masyarakat dapat menjadi penyeimbang kemajuan teknologi informasi. Sasaran dalam penelitian ini tentu saja adalah generasi milenial, sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara peneliti. Dalam penelitian ini telah dikaji apakah dengan adanya berita hoax di media sosial dapat mempengaruhi perubahan perilaku generasi milenial pada pilpres untuk memberikan hak suaranya. ABSTRACT Pratama Budi Santoso, 2019 The Communication of The Emergence Of Social Media Hoax News Of Changes In Behavior Of The Millennial Generation Precidential Election In The 2019 . Essay, Communication Science Study Program, Faculty Of Social Science and Political Science, Muhammadiyah University Jember. Mentor : Ir. H.M. Thamrin, M.Si. Keywords : Changes In Behavior, Millennial Voters, General Election, Hoax News, Social Media, Media Picker. Millennial voters are those consisting of millennials with ages ranging from 18 to 37 years. This reseacrh was conducted in the village of sidodadi, district of jember, bay using a qualitative descriptive research type in this study. What social media is used and the effectiveness of media education directly. The first factor that can influence changes in millennia voting behavior includes age, education level, economic income. The second faktor is the frekuency of hoax news, hoax news content, then the effectiveness of direct education of media use carried out by the government or community leaders can be a counterweight to the progress of information technologi. The primary data sources in this study were obtained from structured interviews using interviewers guideline. In this study is has been studied whether the hoax news on social media can influence the behavior change of millennial generation in the presidential election to give their voting rights.