(Peer Review) Peran Guru dalam Pengembangan Literasi Sekolah

Main Author: Amilia, Fitri
Format: Peer Review NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhjember.ac.id/2987/1/peran%2520guru%20rev%201.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/2987/2/peran%2520guru%20rev%202.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/2987/
https://www.researchgate.net/publication/337683378_Prosiding_Seminar_Dan_Workshop_Nasional_Metodologi_Penelitian_Pendidikan
Daftar Isi:
  • Gerakan literasi dasar meliputi baca dan tulis. Kegiatan membaca sebagai keterampilan reseptif bisa diukur melalui keterampilan produktif, yaitu berbicara dan menulis. Fokus tulisan ini adalah membaca dan menulis. Literasi membaca dan menulis bukan hanya untuk siswa, melainkan untuk guru. Guru harus membaca dan menulis. Melalui tulisan guru, siswa bisa belajar nyata dan meneladani literasi pada guru. Tulisan guru bisa beraneka ragam, ilmiah dan nonilmiah. Tulisan-tulisan tersebut bisa menjadi bukti konkret bahwa guru juga melakukan kegiatan literasi. Guru tidak hanya menjalankan kewajiban berliterasi, melainkan memiliki kesadaran akan pentingnya literasi. Guru sebagai fasilitator dan atau motivator dalam kegiatan literasi memiliki keunggulan untuk menjadi peneliti. Guru bisa menjadi peneliti yang memiliki kelebihan dibandingkan peneliti lain. Atas dasar keunggulan itu, hasil tulisan guru sebagai peneliti dapat dijadikan dasar dalam pengembangan literasi sekolah. Guru sebagai penulis dan atau peneliti akan menjadi teladan dalam kegiatan literasi. Keteladanan akan mampu menjadi pijakan siswa dalam menyadari pentingnya literasi. Kesadaran literasi dalam diri siswa akan menjadi dasar penguatan kompetensi literasi di Indonesia. Berdasarkan uraian tersebut, guru memiliki potensi yang luar biasa dalam pengembangan literasi sekolah, ia adalah tokoh sentral dalam kegiatan literasi, ia adalah peneliti ideal dalam literasi sekolah, dan ia adalah teladan bagi siswa dalam berliterasi.