Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan daya dan torsi yang dihasilkan skuter matic injeksi yang divariasi dengan mesin standar dan mesin modifikasi menggunakan bahan bakar pertamax, pertamax turbo dan bensol. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dilakukan pada sepeda motor Skuter Matic Injeksi 110cc. Data yang didapat lalu dianalisa dengan cara mengamati secara langsung lalu menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Pada pengujian ini digunakan alat dynamometer atau sering kita dengar dengan sebutan dynotest guna mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan daya dan torsi yang cukup signifikan. Untuk daya maksimal dihasilakn pada mesin yang telah dimodifikasi menggunakan bensol sebesar 17,2 Hp dan torsi 31,53 Nm. Sedangkan daya terendah dihasilkan pada mesin standar menggunakan pertamax sebesar 3,8 Hp dan torsi 2,98 Nm. Hasil penelitian menunjukan daya dan torsi terbesar diperoleh pada mesin yang telah dimodifikasi dengan timing pengapian dimajukan 350 dengan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi.