(Peer Review) Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan serta Citra Koperasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Anggota

Main Authors: Sutrisno, Sutrisno, Cahyono, Dwi, Qomariah, Nurul
Format: Peer Review NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhjember.ac.id/2766/1/Peer%20Review%20Analisis%20Faktor-Faktor%20Kualitas%20pelayanan%20.pdf
http://repository.unmuhjember.ac.id/2766/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah menganilisis pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, citra koperasi terhadap kepuasan dan loyalitas anggota. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Koprimka “Anjasmoro” Jember. Sampel yang digunakan sebanyak 84 responden, menggunakan perhitungan dengan rumus slovin. Alat analisis menggunakan path analysis. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kepercayaan, citra koperasi secara individu berpengaruh postif signifikan terhadap kepuasan anggota. Kualitas pelayanan, kepercayaan dan citra koperasi secara individu berpengaruh postif signifikan terhadap loyalitas anggota melalui kepuasan anggota. Kepuasan anggota berpengaruh postif signifikan terhadap loyalitas anggota. Analisis koefisien determinasi pada model 1 menunjukkan bahwa 44.6% kepuasan anggota Koprimka “Anjasmoro” dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, kepercayaan dan citra koperasi, sedangkan sisanya 55.4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model atau persamaan. Analisis koefisien determinasi pada model 2 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kepercayaan, citra koperasi dan kepuasan anggota dapat mempengaruhi loyalitas anggota sebesar 60.4%, sedangkan sisanya 39.6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model atau persamaan.