(Peer Review) Dampak Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember
Main Authors: | Hakim, Muhammad Luqman, Cahyono, Dwi, Herlambang, Toni |
---|---|
Format: | Peer Review NonPeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Magister Ilmu Manajemen Universitas Muhammadiyah Jember
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhjember.ac.id/2752/1/peer%20review%20dampak%20kualitas%20pelayanan%20terhadap%20kepuasan%20dan%20loyalitas%20di%20Soebandi%20.pdf http://repository.unmuhjember.ac.id/2752/ http://jumal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBVarticle/view/2365/1865 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan metode cross sectional. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 8.732 pasien dengan jumlah sampel sebanyak 93 pasien. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dengan skala likert dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember dibuktikan harga t hitung (18,461) yang lebih besar dari pada t table(1,980) dan nilai sig 0,000 < alpha 0,05. (2) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember dibuktikan harga t hitung (4,046) yang lebih besar dari pada t table (1,980) dengan nilai sig 0,000 < alpha 0,05. (3) kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember dibuktikan harga t hitung (3,747) yang lebih besar dari pada t table (1,980) dengan nilai sig 0,000 < alpha 0,05.