Daftar Isi:
  • Kebutuhan film pada zaman yang modern ini cukup meningkat pesat, dikarenakan perkembangan dunia perfilman yang sudah berkembang dengan cepat. Adapun salah satu masalah yang cukup sederhana namun sering terjadi diantaranya pemesanan tiket yang harus dilakukan dengan mengantri di bioskop, kurangnya informasi ketersediaan tiket membuat pelanggan yang mengantri tidak mendapat tiket karena banyaknya antrian. Oleh karena itu diperlukan suatu penerapan metode untuk mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Customer Relationship Management (CRM). Konsep CRM ada 3, yaitu mendapatkan pelanggan baru (acquire), meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang telah ada (enhance), dan mempertahankn pelanggan yang diterapkan di dalam pemesanan tiket di New Star Cineplex (NSC) dengan menggunakan QR Code sebagai pengganti tiket. Dengan adanya aplikasi ini, dapat mempermudah pelanggan karena pemesanan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun melalui smartphone. Dengan hasil uji coba quisioner kepuasan yang diperoleh dari 20 orang yang menggunakan aplikasi dan dihitung dengan menggunakan Skala Likert, memberikan hasil yang cukup memuaskan dengan hasil presentase sebesar 84.2%.