Pengaruh Perbedaan CDI Racing Dan CDI Standard terhadap Emisi Gas Buang Pada Motor Sport 4 Langkah 200 CC
Daftar Isi:
- CDI (Capasitor Discharge Ignition) merupakan salah satu komponen sistem pengapian yang penting dalam kendaraan motor 4 langkah. Fungsi CDI adalah sebagai pengatur percikan api pada busi yang akan dipakai untuk membakar campuran bahan bakar dan udara pada ruang bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perbedaan CDI terhadap emisi gas buang dan temperatur mesin pada motor Honda 200 cc tahun 1998. Dengan membandingkan CDI Racing, CDI Standard baru dan CDI Original motor menggunakan bahan bakar Premium dan Pertamax. Hasil membuktikan bahwa secara umum emisi gas buang yang dihasilkan dari kinerja CDI Racing lebih baik dari CDI Standard dan CDI Original. Hal ini dibuktikan dengan kandungan gas CO maksimal yang dihasilkan pada penggunaan CDI Racing sebesar 1,41%, untuk CDI Standard sebesar 1,64%, dan CDI Original sebesar 1,99%. Kandungan gas HC maksimal yang dihasilkan pada CDI Racing sebesar 840 ppm, untuk CDI Standard sebesar 1760 ppm, dan CDI Original sebesar 2310 ppm. Sedangkan perubahan temperatur maksimal pada mesin dengan CDI Racing sebesar 15°C, CDI Standard sebesar 15°C, dan CDI Original sebesar 19°C.