Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Siswa Kelas VII A di MTs Negeri 5 Jember
Daftar Isi:
- Kegiatan Belajar Mengajar merupakan salah satu kegiatan yang sangat pokok dalam keseluruhan proses pendidikan disekolah. Adapun kesuksesan dalam Kegiatan Belajar Mengajar dipengaruhi oleh kinerja seorang guru yang profesional. Profesionalisme Guru tentu akan memberikan pengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar karena belajar dan mengajar merupakan dua komponen yang tidak bisa dipisahkan anatara satu dengan yang lain. Rumusan masalah pada penelitian ini adakah pengaruh antara Profesionalisme Guru terhadap Kegiatan Belajar Mengajar siswa kelas VII A MTs Negeri 5 Jember?. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Profesionalisme guru terhadap Kegiatan belajar mengajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif regresi linier sederhana. Adapun responden yang digunakan sejumlah 27 siswa dengan model perhitungan pada taraf signifikansi 1 persen. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner dengan 8 item pertanyaan variabel X dan 8 pertanyaan variabel Y dengan menggunakan Skala Likert. Berdasarkan hasil olah data penelitian menunjukkan nilai validitas r-hitung lebih besar dari r-tabel. Sedangkan uji reliabilitas dapat dikatakan reliabel dengan nilai variabel X sebesar 0,752 kategori tinggi, variabel Y sebesar 0,758 kategori tinggi. Terkait dengan uji linieritas dan normalitas kedua variabel dapat dikatakan normal dan linier. Hasil olah data penelitian, nilai regresi pengaruh profesionalisme guru terhadap kegiatan belajar mengajar sebesar 0,479 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Profesionalisme Guru berpengaruh terhadap Kegiatan Belajar Mengajar pada kriteria cukup dengan nilai 0,479.