PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, PERILAKU BELAJAR, DAN BUDAYA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI(Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember Angkatan Tahun 2016-2018)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tiga variabel yaitu kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, perilaku belajar, dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi. Hasil pengujian hipotesis telah membuktikan terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, perilaku belajar dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Hasil pengujian hipotesis telah membuktikan terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, perilaku belajar dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh taraf signifikansi kecerdasan emosional sebesar 0,000, kecerdasan intelektual sebesar 0,000, perilaku belajar sebesar 0,001, budaya sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Pengujian secara statistik ini membuktikan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, perilaku belajar dan budaya secara parsial berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hasil pengujian hipotesis telah membuktikan bahwa kepercayaan diri memoderasi kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, perilaku belajar dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05 yang berarti hipotesis diterima.